Langsung ke konten utama

OPEN TRIP KRAKATAU LAMPUNG 2019-2020

OPEN TRIP KRAKATAU LAMPUNG 2019-2020


 

Di balik maraknya pemberitaan tentang erupsi Anak Gunung Krakatau beberapa waktu lalu, sebenarnya ada surga mini yang tersimpan di sekitar wilayah Krakatau. Gunung purba dengan 1001 kisah legendarisnya yang mendunia ini, memiliki pesona alam bawah laut yang unik, khas, tersendiri, karena berkali-kali hancur oleh erupsi namun segera merestorasi dirinya sendiri dengan sangat cepat.

Untuk lebih mengenal tentang Anak Gunung Krakatau, ada baiknya kita simak penuturan sahabat kami, beberapa tahun lalu di 2012 (sebelum erupsi 2018 s.d awal 2019)di bawah ini :

Pagi pagi sekali hari senin tanggal 23 Juli kami berada di kantor balai KSDA Lampung. Petugas dari balai KSDA dan Polhut akan melakukan patroli rutin di cagar alam krakatau, saya pun ikut dalam tim tersebut dengan tujuan bukan patroli tentunya, hehe. Saya akan melakukan evaluasi komunitas terumbu karang di perairan cagar alam laut krakatau sebagai skripsi saya. Tujuan pertama kami adalah dermaga canti yang berada di lampung selatan, dermaga canti merupakan tempat penyebrangan yang biasa digunakan untuk transportasi masyarakat yang akan menyebrang ke pulau sebesi dan krakatau dari Lampung. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih1 jam kami akhirnya tiba di dermaga canti.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju pulau sebesi untuk mempersiapkan bekal air tawar dan logistik selama di anak krakatau. Dermaga Tejang sebesi menjadi penginapan kami selama satu malam. Deru azan magrib berkumandang, segera kami menyantap hidangan ala kadarnya untuk berbuka puasa. Suasana hangat dan akrab langsung menyerbak di sekitar kami malam itu. Obrolan dan canda tawa melarutkan suasana geladak kapal malam itu dan di tutup dengan suara redup radio cawang yang mengantar kami tidur.

Sahur pun tiba, kami segera bersahur dan mempersiapkan segala sesuatu untuk melanjutkan perjalanan menuju anak krakatau. Perjananan dari pulau sebesi menuju anak krakatau memakan waktu 1,5 jam kurang lebih sama dengan perjanan dari Dermaga Canti menuju pulau sebesi. Deru ombak dan pemandangan lautan luas menemani perjalanan kami hingga akhirnya kami tiba di anak krakatau.

Dari kejauhan tampak puncak anak krakatau yang gagah menjulang dengan kepulan belerang yang luar biasa indah. Ditambah dengan 3 pulau yaitu sertung, rakata dan panjang yang mengelilingi anak krakatau seolah tiga pulau tersebut menjadi penjaga dan menunduk kepada sang "induk", ya.. Anak Krakatau.. hamparan pasir hitam yang hangat dan bersih menyambut kami. Tarikan nafas kagum menyusup kedalam rongga dada seolah tak percaya bahwa saya telah tiba di kaki Gunung vulkanik yang legendaris Anak Krakatau. Gunung yang kembali muncul ke permukaan pada tahun 1929 setelah terpangkas habis pada tahun 1883

Kami membuat tenda dan merapikan shelter yang menjadi tempat kami bermalam di anak krakatau selama 7 hari kedepan. Pondokan yang biasa dipakai oleh wisatawan lokal maupun asing menjadi pesanggrahan kami sementara sebelum dipakai oleh wisatawan yang datang. Karena biasanya wisatawan datang di hari libur seperti sabtu dan minggu.

Hari pertama kami di krakatau langsung kami isi dengan pengambilan data terumbu karang di pulau rakata tepatnya di legoan cabe yang merupakan titik pertama dari sampel penelitian. Segera saya dan mas F.D.A.Widodo sebagai pendamping pengambilan data langsung menyetel perlengkapan SCUBA diving. Ternyata penyelaman ini diikuti pula oleh bapak-bapak dari BKSDA dan Polhut yang menyelam bersama kami, mereka adalah bapak Fahruddin (Kepala Seksi I Cagar Alam Laut Krakatau), Bapak Nandri Yulianto (bidang PEH BKSDA Lampung), Bapak Iqbal dan Bapak Ahsan Sebagai polhut.

Pemandangan alam laut yang luar biasa sontak membuat saya berdecak kagum dalam hati, alangkah luar biasa indahnya pesona bawah laut alam krakatau. Setelah mendapatkan titik yang diinginkan segera kami melakukan pengambilan data dengan metode Line Intercept Transect untuk mengetahui dan menghitung kondisi dan keanekaragaman terumbu karang disini. Setelah 1 jam menyelam kami pun segera naik dan beristirahat.

Selagi kami beristirahat kapal patroli yang kami pakai melanjutkan tugasnya untuk berkeliling menjaga kawasan cagar alam dari aktifitas apapun dari nelayan karena menurut bapak Fahrudin S.H (kepala seksi I CAL Krakatau) zona cagar alam krakatau merupakan Zona Inti yang harus steril dari kegiatan nelayan. Tak lama benar saja di kejauhan terlihat kapal nalayan yang sedang menangkap ikan maka kami pun mendekati kapal tersebut untuk memberikan pengertian bahwa mereka sebenarnya tidak di benarkan melakukan aktifitas penangkapan ikan di zona cagar alam laut krakatau.


Waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB, kami pun segera merapat ke posko di anak krakatau. Selagi anak buah kapal ( Asturi, Jefri, Firman, dan Saipur) menyiapkan takjil kami pun berbincang mengenai konservasi dan upaya yang telah dilaksanakan oleh BKSDA Lampung. Tak lupa juga para Polhut bercerita mengenai pengalaman pribadi mereka selama bertugas, semua itu membuat kami terlena dan tak terasa ternyata waktu berbuka sudah tiba, maka kami berbuka puasa bersama. Saat asik menikmati hidangan berbuka saya dikejutkan dengan suara gemersik. Saya sangat penasaran ingin tau dan mencari sumber suara dan saya terkejut ternyata suara tersebut berasal dari balik posko kami. Seekor biawak ( Varanus salvator) dengan ukuran yang lumayan besar sedang merangkak, melenggak lenggok berjalan menuju belukar.


Kicau burung terdengar merdu di telinga saat pagi hari tiba, berbagai jenis burung bertengger dengan indahnya. Beberapa jenis ular juga kadang terlihat disekitar kami, sungguh luar biasa.


Cagar alam laut krakatau masuk kedalam wilayah administrasi Provinsi Lampung. Memiliki luas sekitar 11.200 ha merupakan warisan dunia dan laboratorium raksasa bagi ilmu pengetahuan. Cagar alam ini di kelola oleh Balai KSDA Lampung dibawah Seksi I. Hutan suksesi di kaki krakatau menyimpan segudang ilmu dan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Mulai dari vegetasi pionir, reptil, burung dan mamalia kecil hingga mamalia terbang. Ditambah lagi dengan keanekaragaman hayati bawah laut, ekosistem terumbu karang, ikan, moluska, dan mamalia laut seperti lumba-lumba serta reptil seperti penyu.
Tanah kita memiliki potensi yang luar biasa, kita memiliki aset yang selalu diperhatikan oleh dunia. Merupakan tanggung jawabv kita bersama untuk menjaga kelestarian alam sekitar kita, karena semua ini bukan hanya milik kita, tetapi juga anak cucu kita..

DSC06499.JPG

DSC09351.JPG

PIC_0652.JPG

PIC_0670.JPG

PIC_0689.JPG

DSC05701.JPG

DSC05723.JPG

DSC05724.JPG

DSC05730.JPG
Salam lestari..

Demikian penuturan dari sahabat kami, yang pernah melakukan penelitian dan riset di sekitar Anak Gunung Krakatau.

Sumber: www.lampungtrip.com
IG : @lampungtripcom


Belanja kebutuhan outdoor / indoor olahraga? 
Toko online kami di : www.olahraga.co.id


Untuk informasi Paket Trip, Selam / Diving dan Snorkeling, silakan hubungi :
PHONE / Whatsapp : Muklis, 082183948745

OPEN TRIP KRAKATAU LAMPUNG 2019-2020  

INGIN MENCOBA PAKET SNORKELING LAMPUNTRIP.COM?

Ini merupakan contoh simulasi paket snorkeling untuk destinasi wisata Pahawang, Lampung.

Kami memiliki promo yang berbeda dan menarik setiap bulannya.

DSC03602%2BcopyJJK.jpg
Underwater view
FF.jpg
Karang bercabang
GGG.jpg
Karang lunak
DSC03602%2Bcopy.jpg
Pahawang, LDC docTujuan : Taman Nemo Pulau Pahawang
Destination

Ketapang-Pesawaran-yopie-pangkey-12-1024x768.jpg
Pantai Ketapang
credit : Yopie Pangkey

Meeting Point : Pantai Ketapang

Include Paket : Kapal – Makan 1x- Alat Snorkeling

Aktifitas : Snorkeling – Beach Exploring – Water/Coastal Sport
Activity

Jumlah paket 10 – 15 Orang.
Rp. 170.000 (HARGA NEGO)
Paket ditutup setelah kuota penuh.

Update kuota dan Booking Ke :
ke nomor Pak Muklis : 082183948745 (WA, SMS, Call)
-Jika customer kurang dari 7 dan hanya mencukupi batas minimal (5 orang) maka akan ada penambahan harga 200.000/orang.

. Guide berhak menentukan ulang lokasi snorkeling jika sewaktu-waktu lokasi awal dinyatakan berbahaya. DIVING.CO.ID berhak membatalkan trip jika kuota tidak mencukupi. Pendaftaran trip akan ditutup ketika kuota tercukupi.

Rekomendasi dari : WWW.LAMPUNGTRIP.COM
IG : @lampungtripcom

BAGAIMANA BILA INGIN SELAM / DIVING? BISA JUGA! 

di bawah ini contoh simulasi paket selam / diving LAMPUNGTRIP.COM 

IMG_4052.JPG

DIVING PULAU PAHAWANG
one day trip 2 x dive – pulau pahawang

meetingpoint @dermaga ketapang
idr: 650.000 /dive – minimal brangkat 4 diver

include : exclude :
> tabung selam > bcd+Regulator (350.000/day)
> pemberat > wetsuits ( 70.000/day )
>makan siang > insurance
> air mineral
> perahu ke spot diving
> tiket masuk pulau/dermaga
> guide
> dokumentasi underwater

IMG_20170317_202005_974.jpg

IMG_20170319_160906_095.jpg

2017-03-20-19-20-36.jpg

info lebih lanjut hubungi

mucel :
0821-8394-8745 ( whatsapp / sms / call)

novri :
0812-5912-8586 ( whatsapp whatsapp / sms / call)

OPEN TRIP KRAKATAU LAMPUNG 2019-2020  

Postingan populer dari blog ini

TENTANG KAMI CV. DIDI

CV. DIDI merupakan perusahaan layanan periklanan online yang memberdayakan Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads dan Ratusan Jaringan Portal Lokal untuk satu tujuan ---> Memenangkan Brand Image / Company Image / Personal Image Anda. CV. DIDI juga melayani pembuatan website perusahaan, email & situs pribadi artis dan politisi, web e-commerce / toko online, portal otomotif, majalah online, dan lain sebagainya. Untuk menjadi Klien atau Partner, Kunjungi situs sekararang juga : http://didi.co.id

KILUAN ? 2

OPEN TRIP KILUAN LAMPUNG TERBARU 2019-2020 Pantai Teluk Kiluan Lampung terkenal dengan keberadaan ikan lumba-lumba atau dolphin yang menarik dan unik. Objek  wisata  pantai ini terletak di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus  Provinsi Lampung  dengan potensi wisata baharinya yang memukau. Dari Kota  Bandar Lampung , perjalanan menuju Teluk Kiluan menghabiskan waktu tempuh sekitar 3 sampai 4 jam. Kondisi jalan yang belum sepenuhnya bagus membuat waktu tempuh cukup lama. Sebenarnya jarak dari Bandar Lampung ke Kiluan hanya sekitar 76,5 km. Artinya jika jalanan mulus waktu tempuhnya bisa relatif lebih singkat. Kendaraan roda dua maupun roda empat sudah bisa mengakes jalan menuju Teluk Kiluan ini. anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa jasa travel mobil. Namun perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum terdapat transportasi bus atau bis menuju lokasi wisata pantai kiluan. Sedangkan jika anda dari Jakarta, rute ke Teluk Kiluan harus menyeberangi Selat Sunda. Anda bisa menaiki pe

KRAKATAU 2?

OPEN TRIP KRAKATAU LAMPUNG 2019-2020   Di balik maraknya pemberitaan tentang erupsi Anak Gunung Krakatau beberapa waktu lalu, sebenarnya ada surga mini yang tersimpan di sekitar wilayah Krakatau. Gunung purba dengan 1001 kisah legendarisnya yang mendunia ini, memiliki pesona alam bawah laut yang unik, khas, tersendiri, karena berkali-kali hancur oleh erupsi namun segera merestorasi dirinya sendiri dengan sangat cepat. Untuk lebih mengenal tentang Anak Gunung Krakatau, ada baiknya kita simak penuturan sahabat kami, beberapa tahun lalu di 2012 (sebelum erupsi 2018 s.d awal 2019)di bawah ini : Pagi pagi sekali hari senin tanggal 23 Juli kami berada di kantor balai KSDA Lampung. Petugas dari balai KSDA dan Polhut akan melakukan patroli rutin di cagar alam krakatau, saya pun ikut dalam tim tersebut dengan tujuan bukan patroli tentunya, hehe. Saya akan melakukan evaluasi komunitas terumbu karang di perairan cagar alam laut krakatau sebagai skripsi saya. Tujuan pertama kami adalah dermaga can